Wednesday, February 10, 2016

TIPS MAKANAN SEHAT BAGI IBU HAMIL


TIPS-TIPS MAKANAN KEHAMILAN
TRISMESTER PERTAMA




Trimester pertama kehamilan adalah masa 12 minggu setelah anda mengalami menstruasi terakhir Untuk bunda yang sedang hamil pada kehamilan trismester pertama menjaga asupan gizi yang baik agar bagus buat pertumbuhan janin dan bunda. Sangat penting bagi bunda mengetahui makanan yang baik untuk di konsumsi pada usia kehamilan trismester pertama. Baiklah kami berbagi informasi makanan yang boleh di konsumsi bagi si bunda :

1.      Sayur-sayuran hijau karna banyak mengandung zat besi di dalam sayuran hijau yang banyak di butuhkan oleh bunda karna zat besi untuk menigkatkan hemoglobin bunda dan mencegah anemia hamil pada trimester pertama. Gejala yang juga disebut dengan morning sickneess ini ternyata bisa dikurangi dengan banyak mengonsumsi jenis sayur-sayuran hijau.
2.    Kacang kedelai  : Makanan yang banyak mengandung kacang kedelai sebagai sumber  protein yang tinggi Protein tersebut nantinya akan membantu ibu hamil meningkatkan energi di dalam tubuh.
3.    Telur Telur menjadi makanan yang bergizi untuk ibu hamil karena Kuning telur mengandung kolin, nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam perkembangan otak bayi (janin) di samping meningkatkan otak Anda sendiri. Ibu hamil harus mendapatkan sekitar 450 mg choline setiap hari.
4.  Pepaya banyak mengandung vitamin c, asam folat, serat. Bunda hanya   dianjurkan makan papaya yang sudah matang.
5.    Olahan dari susu, karna susu banyak mengandung protein baik bagi             pertumbuhan janin.
6.    Jagung, wartel, papaya jenis makanan ini banyak mengandung asam folat yang berguna untuk melindungi tulang belakang bayi.
7.     Ikan salmon dan seafood merupakan sumber omega 3 yang baik perkembangan otak bayi.
8.      Air Kelapa.

9.     Air kelapa dipercaya mengandung berbagai zat yang ternyata cukup bermanfaat bagi ibu hamil. Akan tetapi, sejauh ini memang belum ada penelitian ilmiah secara pasti yang membuktikan bahwa air kelapa sangat berkhasiat untuk ibu hamil. Air kelapa muda untuk ibu hamil trimester pertama ini dipercaya bisa bermanfaat sebagai elektrolit alam.



Makanan yang tidak  di anjurkan pada kehamilan trismester pertama :

1.   Durian karena buah ini mengandung zat yang memberikan efek negatif  bagi  kehamilan. Zat ini adalah asam arachidonat dan juga alkohol.
2.  Pepaya yang belum matang  tingginya kandungan lateks yang akan memiliki efek samping rahim berkontraksi terutama pada masa awal kehamilan.
3.  Daun papaya  tingginya kandungan lateks yang akan memiliki efek   samping rahim berkontraksi terutama pada masa awal kehamilan.
4. Jangan konsumsi kafein terlalu banyak karna membuat jantung janin berdebar lebi cepat.
5.    Alkohol.


No comments:

Post a Comment