Wednesday, February 24, 2016

Luka Bakar dan Pertolongan pertama

LUKA BAKAR

Luka bakar dapat dialamai oleh siapa saja dan  dimana saja karna pasti setiap orang akan berhubungan dengan hal-hal yang menjadi factor dari luka bakar tersebut. Definisi Luka bakar adalah suatu trauma yang disebabkan oleh panas, arus listrik, bahan kimia dan petir yang mengenai kulit, mukosa dan jaringan yang lebih dalam (Musliha, 2010).
Penyebab Luka Bakar
  1.        Luka bakar termal (api)
  2.       Luka bakar listrik
  3.        Luka bakar kimia
  4.       Luka bakar radiasi

Menurut William H. Blahd, Jr., MD, FACEP, dari American Board of Emergency Medicine (www.webmd.com, 16 Februari 2015), ada beberapa jenis luka bakar.
Luka bakar tingkat pertama adalah luka bakar jenis ringan yang biasanya terjadi pada lapisan kulit ari alias lapisan kulit terluar. Kulit  tampak kemerahan dan sedikit nyeri karena menyentuh ujung-ujung saraf di kulit. Luka bakar ini biasanya sembuh dengan perawatan obat rumahan berupa salep luka bakar yang bisa dibeli di apotek.  Menurut Blahd, biasanya luka bakar kategori ini tidak akan mengakibatkan lecet atau bekas di kulit.
Luka bakar tingkat kedua atau luka bakar jenis sedang. Luka bakar tingkat dua melukai lapisan kulit ari dan lapisan kulit di bawahnya, atau yang disebut kulit jangat. Contoh luka ini adalah kulit yang tersengat knalpot motor atau terkena air yang mendidih. Kulit akan melepuh dan meninggalkan luka parut setelah sembuh.
Luka bakar tingkat ketiga. Pada luka bakar ini, kerusakan meliputi kulit, lemak subkutis (jaringan lemak yang berada di bawah kulit dan di atas otot), sampai mengenai otot, dan tulang (www1-media.acehprov.go.id, 27 Februari 2015). Luka bakar tingkat ketiga menyebabkan kerusakan jaringan yang permanen dan mengakibatkan ujung saraf dan pembuluh darah yang terkena dampak luka bakar tak berfungsi lag
Cara menghitung keparahan luka bakar biasanya dilakukan dengan metode  Rule of Nine dari Wallace dengan cara sebagai berikut :

Orang Dewasa
Area Luka Bakar
Persentase
Kepala (muka serta belakang) dan leher
9%
dada
9%
Punggung atas   
9%
Perut
9%
Pungung bawah
9%
Kelamin 
1%
Lengan atas depan
4,5 %
Lengan atas belakang
4,5%
Kaki tampak depan
9%
Kaki tampak belakang
9%
Total
100%


Bayi
Area Luka Bakar
Persentase
Kepala dan Leher
21%
Badan bagian depan
13%
Badan bagian belakang
13%
Lengan
10%
Kaki
13,5%
Bokong
5%
Alat Kelamin
1%



Akibat Luka Bakar

Akibat pertama luka bakar adalah syok dan kesakitan. Pembuluh kapiler yang terpapar suhu tinggi rusak dan permeabilitas meninggi. Sel darah yang ada di dalamnya ikut rusak sehingga dapat terjadi anemia. Meningkatnya permeabilitas menyebabkan oedem dan menimbulkan bula yang banyak elektrolit. Hal itu menyebabkan berkurangnya volume cairan intravaskuler. Kerusakan kulit akibat luka bakar menyebabkan kehilangan cairan akibat penguapan yang berlebihan, masuknya cairan ke bula yang terbentuk pada luka bakar derajat dua dan pengeluaran cairan dari keropeng luka bakar derajat tiga. Luka bakar yang terjadi di daerah muka dan leher dapat mengakibatkan kerusakan di  jalan napas karena uap panas, gas atau asap yang terhisap

Pertolongan pertama pada Luka bakar
  1.    Menjahu dan Hindari dari sumber api
  2.  Singkirkan baju serta perhiasan dan benda-benda lain yang membuat efek Torniket, karena jaringan yang terkena luka bakar akan segera menjadi oedem (bengkak)
  3.  siram dengan air mengalir pada daerah yang terkena luka bakar minimal selama 20 menit
  4.   Berikan penilaian terhadap jenis luka bakar. Apabila tergolong ringan, lanjut dinginkan dengan air mengalir hingga 20 menit. apabila ditemukan bula pada luka bakar, segera bawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan luka lebih lanjut.
  5.  Berikan salep pelembab yang mengandung aloe vera pada luka bakar ringan. Lakukan perawatan luka bakar secara terbuka, tidak perlu ditutup kasa.
  6.   obat anti-nyeri seperti Parasetamol dapat diberikan pada anak apabila merasakan nyeri


-        Luka bakar ringan akan sembuh dalam waktu kurang dari 6 hari. Luka bakar sedang yaitu 20 hari. Kesembuhan luka bakar bergantung pada pertolongan awal di rumah, oleh sebab itu orangtua harus mengetahui tindakan apa saja yang harus diberikan pada anak mereka apabila mengalami luka bakar.

No comments:

Post a Comment