Thursday, February 18, 2016

PERSALINAN


PERSALINAN (MELAHIRKAN)



Pada ibu yang sedang hamil pasti sangat menanti saat-saat melahirkan atau persalinan. Waktu persalinan normal tidak dapat di tentukan dengan pasti hanya dengan perkiraan atau biasa disebut dengan taksiran persalinan. Kebanyakan waktu persalinan pada  minggu ke 38 sampai  minggu ke 40. Ibu yang pertama kali  hamil dan calon ayah harus memiliki pengetahuan mengenai tanda-tanda persalinan agar dapat mempersiapkan kebutuhan saat persalinan.

Baiklah dalam artikel ini saya akan menjelaskan tanda-tanda persalinan. Sebelum kita berbicara ke pokok masalah, sebaiknya ibu hamil atau calon ibu harus tahu dulu apa itu persalinan. Persalinan normal menurut WHO adalah persalinan yang di mulai secara spontan, beresiko rendah pada awal persalinan dan tetap demikian selama proses persalinan bayi lahir secara spontan dalam presentasi belakang kepalap pada usia kehamilan 37-42 minggulengkap setelah persalinan ibu maupun bayi berada dalam kondisi sehat. . Persalinan dan kelahiran normal adalah proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilancukup bulan 37-42 minggu, lahir spontan dengan presentasi  belakang kepala yang berlangsung 18 jam, tanpa komplikasi baik pada ibu maupun pada janin (Saifuddin, AB. 2010).



Menurut cara persalinan dibagi menjadi :
  1. Persalinan biasa atau normal (eutosia) adalah proses kelahiran janin pada kehamilan cukup bulan (aterm, 37-42 minggu), pada janin letak memanjang, presentasi belakang kepala yang disusul dengan pengeluaran plasenta dan seluruh proses kelahiran itu berakhir dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tindakan/pertolongan buatan dan tanpa komplikasi.
  2. Persalinan abnormal adalah persalinan pervaginam dengan bantuan alat-alat maupun melalui dinding perut dengan operasi caesarea.
Tanda dan Gejala Persalinan :

  1. Kekuatan HIS, Semakin lama semakin sering terjadi dan teratur dengan jarak kontraksi yang semakin pendek, mulai dari 15 menit sekali, kemudian 10 menit sekali, 2-4 kali dalam 10 menit dengan durasi (lamanya) 20-45 detik. His (Kontraksi) adalah serangkaian kontraksi rahim yang teratur karena otot-otot polos rahim yang berkerja dengan baik dan sempurna secara bertahap akan mendorong janin melalui serviks (rahim bagian bawah) dan vagina (Jalan Lahir) sehinga janin keluar dari rahim ibu.
  2. Dapat terjadi pengeluaran pembawa tanda melalui vagina (Jalan lahir) Yaitu : Pengeluaran lender, Lendir bercampur darah sedikit atau banyak
  3. Dapat disertai ketuban pecah (pecah spontan atupun rembes) warna air ketuban petih keruh seperti air kelapa
  4. Pada pemeriksaan dalam di jumpai perubahan serviks : Perubahan Cervix (mulut rahim), Pendataran cervix (mulut rahim), Pembukaan cervix (mulut rahim

Jika bunda mengalami salah satu dari tanda-tanda di atas, segera hubungi Dokter atau Bidan, atau segera datang ke Rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan.


Ditulis oleh : Bd. Nurul, SKM


No comments:

Post a Comment