Thursday, February 18, 2016

Awas Demam Berdarah Mengintai Anak Anda

DENGUE HEMMORAGHIC FEVER/DEMAM BERDARAH PADA ANAK

DHF sering terjadi pada anak apalagi di saat musim hujan orang tua harus waspada terhadap penyakit yang paling sering mewaba di musim hujan ini, Demam Berdarah (Dengue Haemorrhagic Fever) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue (arbovirus) yang masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. (Suriadi, 2001 : 57)
Penyebab DHF adalah melalui gigitan nyamuk aedes aegypti serta menularkan  Virus dengue akan masuk ke dalam tubuh dan kemudian bereaksi dengan antibodi dan terbentuklah komplek virus antibodi, dalam sirkulasi akan mengakt,ivasi sistem komplemen. Akibat aktivasi C3 dan C5 akan dilepas C3a dan C5a, dua peptida yang berdaya untuk melepaskan histamin dan merupakan mediator kuat sebagai faktor meningginya permeabilitas dinding pembuluh darah dan menghilangkan plasma mealui endotel dinding itu.

Tanda dan Gejala
  1.   Sakit kepala
  2. Panas 2-7 hari tidak turun-turun
  3.  Mual
  4.  Nyeri otot
  5.  Hyperemia di tengorokan
  6.  Pegal seluruh tubuh
  7.  Gelisah
  8. Kejang
  9. Setelah hari ketiga biasanya demam akan turun dan penderita mungkin merasa sudah sembuh tetapi setelah itu demam dapat menyerang kembali .
  10.  Mimisan

Menurut WHO, 1986 mengklasifikasikan DHF menurut derajat penyakitnya menjadi 4 golongan, yaitu :
Derajat I
Demam disertai gejala klinis lain, tanpa perdarahan spontan. Panas 2-7 hari, Uji tourniquet positif, trombositipenia, dan hemokonsentrasi.
Derajat II
Sama dengan derajat I, ditambah dengan gejala-gejala perdarahan spontan seperti petekie, ekimosis, hematemesis, melena, perdarahan gusi.
Derajat III
Ditandai oleh gejala kegagalan peredaran darah seperti nadi lemah dan cepat ( >120x/mnt ) tekanan nadi sempit ( £ 120 mmHg ), tekanan darah menurun, ( 120/80 ® 120/100 ® 120/110 ® 90/70 ® 80/70 ® 80/0 ® 0/0 )
Derajat IV
Nadi tidak teaba, tekanan darah tidak teatur ( denyut jantung ³ 140x/mnt ) anggota gerak teraba dingin, berkeringat dan kulit tampak biru.

Ciri-ciri nyamuk aedes aegepty :
  • Berwarna hitam dan belang-belang (loreng) putih pada seluruh tubuh .
  •  Berkembang biak pada tempat penampung air tergenang seperti: Bak mandi, Tempayan, Drum, Vas bunga, dan ban bekas dll
  •  Nyamuk aedes aegepty tidak dapat berkembang biak di selokan / got yang airnya langsung berhubungan dengan tanah .
  • Biasanya menggigit manusia di pagi hari
  •  Badannya kecil dan kalau hinggap badannya mendatar
  •  Suka di tempat yang terlindungi sinar matahari seperti pakaian yang tergantung dan air jernih
  •  Mampu terbang sampai 100m

Pencegahan Penyakit Demam Berdarah


  • Untuk mencegah, khususnya mencegah perkembangbiakan nyamuk aedes aegepty yang merupakansarana penularn demam berdarh melakukan 3 M yaitu : 1.Menguras bak mandi, Menutup tempat penampungan air, 3.Mengubur barang-barang bekas yang tidak terpakai yang berpotensi menjadi tempat genangan air hujan.
  •   Fongging atau pengasapan
  •   Abatisasi
Pengobatan Pada Demam berdarah

Pengobatan terhadap penyakit ini terutama di tujukan untuk mengatasi perdarahan, mencegah atau mengatasi keadaan syok atau presyok dengan mengusahakanagar penderita banyak minum atau makan buah jambu bila perlu dilakukan pemberian cairan melalui infus. Demam di usahkan diturunkan dengan kompres dingin atau antipiretik

No comments:

Post a Comment